Minggu, 03 Januari 2010

ilmu pengetahuan dan life word

ILMU PENGETAHUAN DAN LIFE WORLD


1.PERMASALAHAN

Melalui c.p. snow dalam bukunya the two cultures,kita bolehmembuat perbedaan yang cukup tegas antara dunia pengetahuan dan life word,dunia ilmu pengetahuan adalah dunia fakta,sedangkan life world mencangkup pengalaman subjektif-praktis ketika ia hidup,lahir,mati,pengalaman cinta dan kebencian,harapan dan putus asa,.jadi dunia ilmu pengetahuan adalah dunia objektif,universal,rasional,sedangkan life word adalah dunia sehari-hari yang subjektif,praktis dan situsional.
Dampak ilmu pengetahuan terhadap life word masyarakat dapat diklasifikasikan kedalam dua kategori.yang pertama dampak intelektual langsung,terutama perubahan cara pandang tradisional terhadap realitas;dan yang kedua dampak tidak langsung,melalui mediasi teknik-teknik ilmiah,terutama teknik-teknik produksi dan organisasi social

2.DAMPAK INTELEKTUAL

Maka sebagai mana sistem berfikir rasional,ilmu pengetahuan menjadi sebab terdalam dari lenyapnya banyak kepercayaan tradisional.secara umum,dapat dikatakan 4 hal baru dari ilmu pengetahuan yang menyebabkan lenyapnya kepercayaan-kepercayaan tradisional.

Yang pertama.pengamatan lawan otoritas . sudah dibicarakan sebelumnya bahwa ilmu pengetahuan tidak didasarkan pada otoritas melainkan pada pengamatan.

Kedua.otonomi dunia fisik . selain percaya pada pengamatan sendiri,ilmu pengetahuan juga berangkat dari suatu filosofi tentang alam sebagai sesuatu yang otonom,yang memiliki hukumnya sendiri.

Ketiga,disingkirkanya konsep tujuan . oleh karena itu ,ilmu pengetahuan akan lebih memperhatikan konsep kausalitas dibandingkan dengan konsep finalitas.itu sebabnya masyarakat yang dicerahi oleh ilmu pengetahuan mungkin akan lebih percaya pada c.h Darwin tentang konsep adaptasi dengan segala mekanisme perjuangan untuk hidup,the survival of the fittest , daripada percaya tujuan ilahi dari seluruh evolusikosmis.

Keempat.tempat manusia dalam alam.jadi derajad manusia akan tinggi jika mempunyai ilmu pengetahuan di alam semesta ini.

3.DAMPAK SOSIAL PRAKTIS.

Sebagai teori pengetahuan ,prinsip kausalitas berbunyi”siapa mengetahui sebab”a”akan tahu juga akibat “b”sebagai teori tindakan,prinsip kausalitas berbunyi siapa yang dapat menciptakan sebab”a”akan menghasilkan akibat”b”
Oleh karena itu,suatu teori ilmiah di satu sisi dapat menjadi suatu theory of knowledge(teori pengetahuan) di sisi lain menjadi theory of action (teori tindakan)

4.WATAK INTELEKTUAL

bahwa setiap orang mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan masyarakat ilmiah pada umumnya,yaitu taat pada rasio .ciri-cirinya adanya keinginan untuk mengetahui fakta-fakta penting dan keengganan untuk menyetujui ilusi-ilusi menyenangkan.
Ilmu pengetahuan harapan tidak dapat diragukan lagi. Ilmu pengetahuan dapat menawarkan kemungkinan-kemungkinan kesejahteraan hidup yang jauh lebih besar bagi
umat manusia .daripada yang pernah dikenal sebelumnya dengan syarat;penghapusan perang.distribusi kekuasaan dan pembatasan pertumbuhan penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar